Sunday 31 July 2016

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Perlu nggak sih?

Share & Comment



2 Hari yang lalu, gue ngerapihin file di laptop, dan gue nemu beberapa foto sewaktu gue jadi panitia LDKS di sekolah. Tepatnya tahun 2013, pas gue masih kelas 2 SMK.

Dari mulai gue jadi peserta LDKS (kelas 1) dan sampe gue jadi panitia LDKS (kelas 2 dan kelas 3), yang namanya LDKS di sekolah gue itu ya panitia ngebentak – bentak peserta, nyuruh peserta ngelakuin banyak hal dengan cepat, pokoknya menuntut kedisiplinan banget.

Berarti enak dong jadi panitia? Bisa bebas marah – marah ke peserta. Jawaban nya bisa dibilang “ya”, kalo lo termasuk orang yang emosional dan hobi marah – marah. Justru sebaliknya, bagi orang – orang yang nggak gampang marah, dipaksa ngeluapin amarah ke peserta itu sama aja kaya lo dipaksa minum susu sama nyokap kalo mau tidur, padahal lo nggak suka susu. Let say, bagi sebagian orang minum susu sebelum tidur itu enak. Tapi jelas beda cerita kalo orang itu nggak suka minum susu. Sama aja kan kaya marah – marah.

Selama sekali jadi peserta dan dua kali jadi panitia. Capek yang gue rasain bisa dibilang sama. “Capek” disini relatif loh ya, ini perspektif gue aja. Mungkin karena gue emang bukan orang yang bisa ngeluapin rasa marah yang dibuat – buat, jadinya beban banget. Bagi sebagian temen – temen gue ada yang bilang lebih enak jadi peserta, tapi ada juga yang bilang lebih enak jadi panitia. Sebagian besar sih lebih suka jadi panitia. Ngerti lah ya kenapa.

Balik ke topik awal. Sebenernya Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa alias LDKS ini perlu nggak sih?
Menurut gue jawaban nya “Perlu”.

Perlu dalam tanda kutip, maksudnya LDKS ini perlu tapi nggak penting – penting banget. Faktanya banyak peserta yang gagal paham tentang tujuan dari LDKS ini. Gue pernah dapet jawaban “LDKS cuma diomel – omelin” dari cukup banyak peserta LDKS di sekolah gue dulu.

Alhasil stigma buruk tentang LDKS jadi nyebar ke seluruh penjuru sekolah. Nilai negatif tentang pengurus OSIS sebagai panitia juga jadi makin parah.

Itulah sebabnya gue bilang LDKS ini nggak penting – penting amat. Toh belajar kepemimpinan nggak harus dengan cara ikut LDKS, masih banyak cara lain. Tapi LDKS masih diperlukan, karena nilai pengalaman dari ikut kegiatan ini lumayan susah buat didapetin dari kegiatan lain.

Pernah juga ada yang berspekulasi “LDKS kebanyakan negatif nya, bikin capek, diomel – omelin doang. Hapuskan LDKS !!!” mending gini aja nggak sih?
Kadang gue juga mikir gitu, LDKS buat apa? Bikin capek doang. Ilmu nya sedikit.


Tapi foto ini bikin gue berubah pikiran. Foto ini diambil tahun 2013, di Cibubur. Kondisi mereka (baca : peserta) saat pelaksanaan LDKS cukup ngenes. Mereka nggak bisa tidur karena tenda nya kebanjiran. Mereka sampe minum air keran saking hausnya. Mereka ketakutan karena ngeliat penampakan, bahkan ada yang nggak berani ke kamar mandi sendiri kalo malem.

Tapi dari foto itu bisa dilihat mereka masih bisa senyum, bahkan ketawa. Mereka  masih mau membaur dengan panitia, tanpa ada rasa dendam. Padahal sebelumnya mereka udah dibentak – bentak nggak karuan.

Kesimpulan nya adalah kegiatan LDKS memang cukup berat, terutama di sekolah teknik (STM) kaya sekolah gue dulu. Tapi dibalik kesusahan itu, masih banyak peserta yang bisa nikmatin seru nya kegiatan ini. Bahkan nggak sedikit yang pernah bilang ke gue, kalo LDKS yang seru itu yang dibentak – bentak parah, tapi tetep ngasih permainan yang seru. Jadi kalo ada yang bilang LDKS ini nggak perlu, itu bukan karena kegiatan nya yang nggak tepat, tapi peserta nya yang nggak tepat. LDKS cuma buat siswa yang punya tekad dan yang berani mencoba. Terakhir, semangat temen – temen pengurus OSIS SMK 39 yang sebentar lagi mau ngadain LDKS. Semoga sukses acara nya. Ciaoo~
Tags:

Written by

Seorang mahasiswa sistem informasi yang pengen ngelucu tapi sering nggak lucu

0 comments :

Post a Comment

About us

Ruangimajinasi kita adalah ruang anti gravitasi. Kita dapat melayang bebas di sana, tanpa harus memiliki pijakan. Ruang imajinasi mengandung banyak ide dan inspirasi. Sekarang gue tuangkan ide dan imajinasi hasil dari melayang - layang di sana, ke dalam blog ini. #TanpaPijakan
 
Copyright © Anti Gravitasi | Designed by Templateism.com | Edited by Septian EN